Perbedaan dan Persamaan Tepung Maizena Dengan Tepung Tapioka

Tepung Maizena

Membicarakan mengenai dunia kuliner hampir tidak ada ujungnya. Mulai dari bahan, jenis, rasa, maupun penampilannya. Apalagi jika kita menjelajah atau bahkan traveling ke berbagai daerah. Maka lebih banyak pula makanan-makanan baru dengan banyak varian jenis yang akan kita jumpai dengan khas dan bahan dasar yang berbeda pula. Mulai dari nasi, gandum, maupun tepung. Baik tepung jagung, tapioka, ataupun tepung maizena.

Beda bahan, beda penampilan, tentu juga berbeda rasa. Seperti yang kita ketahui bahwa yang membedakan semua itu juga terdapat pada bahan dasar yang digunakan untuk membuat bahan-bahan di masing-masing jenis makanan. Perbedaan tersebutlah yang mempengaruhi munculnya perbedaan-perbedaan baik rasa, tampilan, maupun penyajian dalam makanan.

Maka, perbedaan dari masing-masing bahan juga pasti mempengaruhi perbedaan kegunaan pula. Seperti perbedaan pada tepung maizena dengan tepung tapioka.

Sama-sama tepung tetapi berbeda nama belakang. Mengapa berbeda? Karena keduanya memiliki beberapa hal yang menjadi ciri khas pada masing-masing tepung. Baik pada tepung maizena maupun tepung tapioka. Seperti:

Bahan dasar

Tepung maizena terbuat dari bahan dasar jagung. Bahan yang sering kita saksikan ketika musim jagung tiba. Dan ternyata, selain digunakan sebagai bahan pokok, jagung juga dapat diolah sebagai tepung yaitu tepung maizena.

Tepung memang banyak macamnya, Mulai dari nasi, gandum, maupun tepung. Baik tepung jagung, tapioka, ataupun tepung maizena.

banjarmasin.tribunnews.com

Jika kita tahu bahwa tepung maizena terbuat dari biji jagung, lantas terbuat dari apa tepung tapioka itu?

Tepung tapioka terbuat dari bahan dasar singkong. Singkong juga merupakan salah satu bahan yang tidak asing lagi di telinga kita bukan?

Tepung memang banyak macamnya, Mulai dari nasi, gandum, maupun tepung. Baik tepung jagung, tapioka, ataupun tepung maizena.

Dan ternyata umbi yang satu ini juga berguna sebagai bahan dasar pembuatan tepung. Yaitu tepung tapioka.

Fungsi

Selain bahan dasar, kedua tepung ini yaitu tepung maizena dan tepung tapioka juga memiliki perbedaan pada fungsinya.

Baca Juga :  Penasaran Dengan Kompor Gas Tanam? Yuk Baca Ini

Tepung maizena lebih menjurus pada fungsinya sebagai selimut makanan dengan citra rasa yang renyah dan biasanya dalam hal ini tepung maizena bekerjasama dengan tepung terigu sebagai campuran tambahannya.

Sedangkan tepung tapioka memiliki fungsi sebagai campuran bahan makanan untuk menambah kekenyalan bahan makanan tersebut.

Kegunaan  

Kerenyahan yang dihasilkan dari tepung maizena membuat tepung jenis ini berguna dalam bahan tambahan pembuatan gorengan. Seperti kegunaannya dalam pembuatan gorengan tempe, tahu, bakwan, dan lain sebagainya.

Karena kekentalannya, tepung tapioka menjadi sangat berguna dalam peranannya sebagai bahan tambahan pembuatan kue-kue basah, bakso, maupun jajanan pasar seperti siomay dan moci.

Disamping perbedaannya yang tertera, tepung maizena dengan tepung tapioka juga memiliki beberapa persamaan. Seperti:

Kandungan di dalamnya

Tepung maizena dan tepung tapioka merupakan tepung yang memiliki kandungan serupa dan sama-sama memiliki kandungan berupa karbohidrat, serat, dan juga protein. Karena keduanya sama-sama mengandung karbohidrat, maka tepung maizena dan tepung tapioka juga menjadi salah satu bahan makanan yang dihindari oleh seseorang yang sedang menjalani diet.

Cara penyimpanan

Karena keduanya merupakan bahan makanan yang tidak tahan pada suhu yang terlalu lembab dan juga rawan terhadap kutu, maka penyimpanan keduanya juga memiliki persamaan. Yaitu, simpanlah tepung maizena dan tepung tapioka tersebut pada tempat yang kering dan juga bersih. Selain hal itu, simpan juga kedua jenis tepung tersebut dalam wadah yang tertutup rapat demi menyelamatkan tepung itu dari resiko yang dapat menyerangnya. Seperti suhu lembab tadi yang dapat menyebabkan tepung menggumpal, berubah warna, berjamur, bahkan sampai menyebabkan masuknya kutu-kutu kedalamnya jika wadah tidak tertutup rapat.