Cara Membuat Tahu Bakso dan Resep Batagor

tahu bakso

Tahu bakso adalah tahu isi bakso daging makanan yang banyak ditemukan di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, meski asal usul makanan itu memang belum diketahui secara pasti, namun banyak yang beranggapan bahwa tahu bakso dibawa oleh pedagang dari Tionghoa China. Jadi Selain terkenal dengan lumpianya yang khas, Kota Semarang juga terkenal dengan tahu baksonya. Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya berisi campuran antara tepung dan daging sapi yang dibentuk memanjang atau segitiga. Namun sekarang, ada pula produsen tahu bakso yang menggunakan bahan isian tanpa daging sapi, seperti pakai makanan seafood ikan, ikan tuna, pakai udang, kepiting, ayam ataupun dicampur (mix).

Puluhan sentra industri dan penjualan tahu bakso terdapat di Kabupaten Semarang, antara lain Tahu Bakso Woning di Jalan Kakap Raya, Sebantengan, Ungaran Barat dan Tahu Bakso Bu Yatmi di Jalan Kepodang III/15 A Ungaran Timur dan Bu Pudji. Tahu bakso Ungaran biasanya berbentuk persegi panjang, namun tak jarang yang berbentuk segitiga dengan bahan dasar tahu yang diisi daging giling, seperti halnya proses pembuatan bakso. Tahu bakso sangat nikmat disajikan dalam bentuk goreng maupun direbus dengan kuah daging. Perbedaan tahu bakso dan bakso tahu. Tahu bakso Semarang, yang cara masaknya hanya digoreng atau dikukus, dimakan bersama cabe rawit ijo. 

Ternyata masih banyak yang tidak tahu kalau tahu bakso khas ungaran atau semarang ini beda cara makan dan penyajiannya dengan bakso tahu yang umumnya di Bandung, banyak yang mengira disajikan dengan kuah. Bakso tahu Bandung biasanya terdiri dari bakso tahu siomay kukus dan bakso tahu goreng disingkat Batagor cara penyajiannya bisa dengan kuah saos kacang dan perkembangannya ada juga dengan kuah bakso. Bakso tahu Bandung biasanya menggunakan bahan campuran ikan untuk isian baksonya.

Baca Juga :  Menu Olahan Ayam yang Dapat Anda Sajikan Dirumah

Bentuk mirip hanya saja kalau tahu bakso khas Semarang adalah tahu yang diisi bakso dengan kompsisi 70% daging bakso, daging bakso dimasukkan ke dalam tahu, cara penyajiannya digoreng atau dikukus dan dimakan dengan cabe rawit seperti gorengan. Sedangkan bakso tahu yang banyak di Bandung, tahunya kecil dan diisi daging bakso sedikit saja dan pengajiannya seperti bakso pada umumnya dengan kuah.

Cara membuatnyapun sangat mudah dan praktis yaitu setelah campuran daging, tepung dan penyedap rasa dicampur jadi satu. Lalu adonan tersebut dimasukkan kedalam tahu, yang sebelumnya telah dibelah pinggirnya. Kemudian goreng hingga matang dan warnanya berubah kecoklatan. Tahu bakso sendiri, merupakan makanan khas warga Semarang. Hampir disetiap warung makan, di Semarang selalu meyediakan tahu bakso sebagai kudapannya.  Ada yang dibuat resep batagor, apa saja bahan-bahannya mari kita simak:

Bahan-bahan

  1. 6 potong tahu isi bakso
  2. 5 tahu putih ( potong tipis)
  3. 250 gr kacang tanah goreng
  4. 5 cabe merah
  5. 7 cabe rawit
  6. Secukupnya Gula Merah
  7. 1 pucuk sendok terasi
  8. 2 bawang merah
  9. 1 bawang putih
  10. Garam
  11. 2 sdm tepung kanji
  12. Air
  13. 250 gr tepung
  14. secukupnya garam+ ketumbar ( untuk tepung)
  15. minyak goreng
  16. Timun D Potong Kecl2

Langkah

  1. Goreng tahu dengan di balut tepung hingga matang dan kecoklatan
  2. Ulek cabe rawit,cabe merah,garam,bawang merah dan putih lalu kacang dan terakhr gula merah sampai halus dan tercapur rata
  3. Letakan sambel di panci dan beri air lalu panaskan di api sedang beri tepung kanji aduk hingga mengetal dan mendidih.
  4. Potong tahu sesuai selera letakan d piring lalu beri potongan mentimun dan jga sambal kacang.