Resep Kue Kering Renyah Nikmat

resep kue kering

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen tepat untuk bersilaturahmi. Saat hari raya datang, banyak yang akan berkunjung ke rumah, sebagai pemilik rumah tentu rasanya tidak lengkap jika di meja tidak ada camilan.

Lebaran menjadi momen berkumpul untuk semua keluarga. Mau itu muslim ataupun nonmuslim semuanya ikut merasakan suasana hari raya yang khas. Apalagi kalau setiap berkunjung ke rumah orang lain, deretan kue lebarannya berbeda dan terlihat sangat enak untuk dimakan sembari ngobrol.

Kalau diperhatikan, kalian pasti hapal ada jenis kue lebaran yang pasti ada disetiap rumah. Tidak hanya karena enak, 5 jenis kue kering yang wajib ada di meja saat lebaran adalah sebagai berikut

  • Lidah Kucing

Ini sih pasti selalu ada di toples kaca yang ada di meja pas hari raya tiba. Meskipun penampilannya biasa aja, bahkan biasa banget, lidah kucing ini favorit dijadikan deretan kue lebaran. Benar, penampilan lidah kucing adalah yang paling ter-standar diantara kue-kue lain. Tapi kehadirannya tidak jarang justru paling sering mengisi bingkisan parsel untuk dibagikan ke kerabat terdekat. Padahal biasa aja, tapi jadi gak biasa kalau lidah kucingnya dikasih sama doi. Ea.

  • Nastar

Ah ini sih paling umum. Semua orang suka nastar. Apalagi kalau ada hiasan cengkeh diatasnya. Lembut selai nanas, rasa manis dan aroma cengkeh menyatu dalam mulut. Uh. Siapa yang tidak kenal nastar sih? Kue dengan isian selai nanas berbentuk bulat ini bisa dimakan sekali hap.

  • Kastangel

Sudah gak aneh lagi kan dengan keju? Yaps. Ini dia kue dengan bahan dan taburan keju yang disukai oleh banyak orang. Kastangel selalu laris duluan diantara deretan kue di meja. Kue yang rasanya gurih ini memiliki tekstur renyah dan lembut ketika berada di lidah. Berbeda dari kue kering lainnya, kastangel memang tidak manis.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Kue Bolu untuk Pemula

Aneka kue kering yang dibuat dengan search resep kue kering di google barangkali jadi pilihan untuk menyajikan camilan di mejaruang tamu. Kue yang disajikan di meja biasanya beraneka ragam. Seperti yangsudah disebutkan diatas. Ada lidah kucing, nastar, kastangel. Nah, ada yangbelum disebut tuh. Kue semprit! Nama kue ini unik ya? Kue semprit memiliki rasamanis dan renyah. Nama semprit sendiri diambil dari cara membentuk kue nya yangmenggunakan spuit sebagai alat cetaknya. Karena sulit diucapkan, Kata spuitoleh masyarakat Indonesia diucap sebagai semprit.

Berikut CaraMembuat Kue Semprit untuk cemilan lebaran:

Bahan yang diperlukan :

tepung terigu (310 gr)

butter (100gr)

Margarin (100 gr)

gula halus (200 gr)

kuning telur (2 butir)

tepung meizena/kanji/sagu (3 sdm)

susu bubuk (2 sdm)

Choco chip atau selai secukupnya

Cara membuat resep kue kering  :

  1. campurkan butter, margarin dan gula halus. kocok selama kurang lebih 2 menit. Masukan kuning telur. Kocok lagi dengan kecepatan rendah hingga rata. Setelah itu, masukan tepung terigu, tepung meizena, susu bubuk yang sudah diayak lalu aduk mengunakan spatula hingga rata.
  2. Masukan ke dalam plastik segitiga atau pipingbag yang sudah di masukan spuit mawar. Lalu cetak diatas loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin. Beri jarak antar kue yang dicetak.
  3. Taruh chocochip diatasnya sebagai putik dari bunganya. Atau selai agar berwarna. Selagi mencetak adonan, panaskan oven.
  4. Panggang kurang lebih 30 menit sambil sesekali mengecek oven.
  5. Jika sudah keemasan, kue semprit siap disajikan.