Bakpao Sebagai Makanan Enak dan Mudah Dibuat

makanan enak

Bakpao adalah salah satu cemilan yang nikmat dimakan sore hari. Makanan enak yang satu ini masuk kategori roti kukus. Kata bakpao yang berasal dari bahasa Hokkian. Bak berarti daging sedangkan pao berarti bungkusan. Jadi kurang lebih artinya daging yang dibungkus. Terbuat dari bahan yang mudah deadapt seperti tepung terigu dan isian daging, bakpao bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Makanan dari Cchina ini merupakan adonan tepung terigu ditambah dengan ragi agar adonan itu tadi jadi mengembang. Bakpao biasanya bervariasi dengan isi, tergantung dari selera yang membuatnya. Paling banyak ditemukan adalah bakpao dengan rasa kacang hijau, coklat dan daging ayam. isian bakpao ada pada bagian tengahnya. Sebagai tanda dari berbagai varian tersebut, biasanya ada titik warna dibagian tengah bapao.

Bakpao pertama kali ditemukan oleh Zhuge Liang (181-234), seorang ahli militer Tiongkok. Kue yang Zhuge Liang buat disebut Mantou yang artinya kepala manusia, kue ini dibuat karena saat itu ia dan prajuritnya harus melewati laut yang harus mempersembahkan 49 kepala manusia.  Zhuge Liang yang tidak setuju kemudian memerintahkan anggotanya untuk berburu binatang dan membungkusnya dalam adonan tepung yang dibentuk bulat seperti kepala manusia sebagai ganti dari kepala sungguhan sebagai pengorbanan.

Tapi di zaman sekarang, bakpao bulat putih dengan isian sudah sangat ketinggalan zaman. Bakpao tumbuh sebagai makanan enak yang kekinian dengan desain karakter kartun kesukaan. Bakpao karakter mulai ramai dikreasikan dengan bentuk yang lain, seperti kepala binatang, bunga-bunga, bahkan ada yang membuat kepala dari tokoh film. Isi bakpao beragam dari keju hingga durian. Duh ngiler!

Nah, karenabakpao merupakan makanan enak yang mudah dibuat,yuk kita coba bikin bakpao karakter sambil kreasikan dengan ide kreatif kalian.Begini cara membuat bakpao karakter agar empuk dan enak.

Baca Juga :  Kumpulan Resep Kue Lebaran Lengkap: Cara Bikin Kue Nastar

Membuat adonan bakpao

Bahan yang  dibutuhkan ialah Tepung terigu berprotein rendah (65gr), ragi (1 sdt), air hangat (50ml), Tepung maizena (60 gr), tepung kunci (185gr), gula pasir (3 sdm), baking powder (1/2 sdt), mentega putih (1 sdm), air (80ml), food coloring (4tetes saja), sebagai isian dari bakpao nya, pakai selai coklat.

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah besar untuk menguleni adonan tepung terigu, ragi dan air hangat. Setelah diaduk dan adonan sudah menggumpal, tunggu sampai adonan tersebut mengembang. Kira-kira 15 menit.
  2. Masukkan tepung maizena, baking powder dan gula lalu aduk hingga rata dengan adonan pertama. Masukkan garam dan mentega putih. Uleni lagi hingga tercampur sempurna.
  3. Adonan didiamkan dengan ditutupi kain selama 30 menit. Biarkan mengembang.
  4. Bagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama diberi pewarna makanan, dan yang kedua biarkan polos.
  5. Bentuk sesuai keinginan. Misalnya bakpao kepala beruang. Berarti bagian bulat besar berwarna makanan sedangkan bagian kupingnya berwarna putih. Beri bulatan kecil sebagai bentuk mata. Jangan lupa isikan selai coklat kebagian tengah dari bakpao kepala beruang. Tunggu selama 30 menit. Buatlah beberapa kepala beruang, ulangi hingga adonan habis.
  6. Panaskan kukusan dengan api sedang. Setelah panas, bulatan adonan tadi kemudian kukus bakpao selama 30 menit atau hingga bakpao matang. Tapi jangan terlalu lama dan jarak antar bakpao harus agak jauh supaya bentuk bakpao bulat sempurna.
  7. Bakpao siap disantap selagi hangat