Makanan dari Aci: Cilor

cilor

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia pastinya sudah tidakasing lagi dengan bahan makanan yang bernama aci. Seperti yang diketahui, aciadalah istilah lain dari tepung tapioka atau pun tepung kanji yang memangsering sekali digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan yang memilikitekstur kenyal serta gurih. Sebenarnya, aci sendiri berasal dari umbi akar dariketela pohon, misalnya adalah singkong. Singkong itu pun akan diekstrak hinggapatinya diperoleh dan dibuatlah aci tersebut. Ada begitu banyak makanantradisional asal Indonesia yang menggunakan bahan makanan tersebut, salahsatunya adalah cilor, yaknijenis makanan yang sering sekali kita temukan di masa lalu, dimana merupakanmakanan jajanan yang paling populer di kalangan anak-anak sekolah padazamannya. Namun, makanan tersebut nyatanya masiheksis hingga saat ini. Aci juga digunakan untuk beberapa makanan, seperti:

  • Cireng

Jenis makanan pertama yang dibuat dengan menggunakan aci adalah cireng, atau kepanjangan dari aci yang digoreng. Untuk membuatnya pun sangat mudah, Anda bisa melakukannya di rumah dengan waktu yang sangat singkat. Anda bisa mencampurkan acinya dengan daun bawang yang sebelumnya sudah diiris, serta tambahkan bawang putih, garam serta air hangat. Selanjutnya, Anda hanya tinggal membentuknya saja sesuai yang diinginkan. Diamkan selama 15 menit di dalam lemari es, kemudian goreng hingga matang. Anda juga bisa menambahkan isi seperti sosis, daging, dan lain-lain sesuai dengan selera.

  • Cilok

Makanan dari aci lainnya yang sangat mudah dan bisa Anda buat sendiri di rumah adalah cilok, atau kepanjangan dari aci yang dicolok. Untuk membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal membuatnya seperti cireng, namun bentuklah cilok bulat-bulat. Kemudian, Anda bisa memasukan adonan yang sebelumnya telah dibentuk ke dalam air mendidih. Jika ingin rasanya menjadi lebih gurih, rebus di dalam air kaldu. Tunggulah hingga cilok mengambang dan tiriskan. Kemudian Anda bisa mencoloknya dengan tusuk sate dan menikmatinya.

  • Cimol
Baca Juga :  Kumpulan Resep Kue Lebaran Lengkap: Cara Bikin Kue Nastar

Makanan yang satu ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar aci, yakni kepanjangannya adalah aci yang digemol. Makanan ini juga memiliki bentuk yang bulat layaknya cilok, namun keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Dalam pembuatan cimol, Anda bisa menambahkan tepung terigu di dalamnya. Untuk menggorengnya, masukan cimol terlebih dahulu sehingga terendam minyak, kemudian nyalakan api. Hal ini sangat berguna agar tidak terjadi letupan ketika menggorengnya. Ketika sudah matang, Anda bisa memberikan bumbu bubuk sesuai dengan rasa yang diminati di atas dari makanan ini.

  • Bakso Aci

Salah satu makanan dari aci ini sebenarnya dibuat dengan campuran bahan lainnya, yakni dengan menggunakan sagu serta daging dalam jumlah yang sedikit. Biasanya, aci ditambahkan agar mengurangi biaya produksi bakso dan membuat harganya jauh lebih terjangkau. Namun, agar rasanya tetap nikmat layaknya daging, Anda bisa mencampur kuahnya dengan berbagai rempah dan membuat rasanya tetap lezat sehingga menggugah selera. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang dingin atau memasuki musim hujan.

  • Aci Telor

Makanan yang satu inimemang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Membuatnyasendiri pun di rumah sangatlah mudah sehingga tidak menyulitkan atau punmengharuskan Anda untuk selalu membelinya di luar. Pastinya aci telor yang lezat serta yang lebih bersih bisa Andanikmati kapan pun yang Anda inginkan.