Cara Membuat Risoles Sederhana dan Enak

cara membuat risoles

Berbicara tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kulinar di Indonesia memang paling tepat untuk dijajaki. Akan ada makanan baru setiap hari. Buat Anda yang hobi ngemil, pasti lidahnya serasa dimanjakan tiap hari jika terus mencicipi jajanan Indonesia yang berbeda setiap saat. Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti; bikang, onde-onde, lumpia, weci, tahu isi, menjes, pisang goreng, apem, cenil, klepon, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya, ada jajanan pasar tradisional tidak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi.

Dalam artikel ini kami akan membahas dari salah satunya adalah cara membuat risoles. Mari kita simak informasinya:

Risoles atau rissole ini juga merupakan jajanan pasar tradisional yang berbentuk lonjong dengan warna emas kecoklatan dan diisi dengan berbagai macam isian. Cukup dengan seribu sampai dua ribu rupiah, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan risoles . Sekilas, risoles hampir sama dengan lumpia. Meski terlihat mirip, namun cara membuat risoles dan lumpia berbeda lho. Sama-sama membutuhkan kulit sih, tapi dari cara membuat kulitnya saja, risoles dan lumpia sudah berbeda.

Beda orang, pasti beda selera. Biasanya, risoles diisi dengan wortel dan kentang, namun ada juga penjual risoles yang mengisinya dengan daging ayam, daging sapi, seafood, bahkan mayonaise. Sebagai penikmat jajanan pasar tradisional, tentu kita lebih sering membeli daripada membuatnya sendiri. Atau bahkan tidak pernah membuat? Memang lebih mudah membeli, disamping tidak punya waktu, kita hanya tinggal mengambil uang lalu memakannya. Tapi kita tidak tahu bagaimana proses pembuatan risoles yang kita beli hingga berada di tangan kita. Emang sih gak boleh berpikiran negatif terus, tapi kita juga perlu untuk berjaga-jaga terhadap kesehatan badan kita dengan memilih-milih makanan yang akan kita masukkan dalam tubuh kita.

Baca Juga :  Cara Membuat Tahu Bakso dan Resep Batagor

Selain isinya, ciri khas risoles terdapat pada kulitnya. Apakah Anda pernah memakan risoles yang kulitnya terlalu tebal atau sudah keras dan kaku? Pasti tidak enak bukan. Nah, hal-hal seperti inilah yang perlu kita hindari dengan cara membuat risoles sendiri. Sebenarnya cara membuat risoles cukup mudah kok. Tidak perlu bahan-bahan yang mahal dan waktu yang lama. Bahkan dengan membuat sendiri risoles di rumah, Anda bisa mengkreasikan isi dan rasa sesuai dengan selera Anda. Bagi Anda yang penasaran dengan cara membuat risoles , langsung saja simak di bawah ini.

Bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk membuat risoles sendiri, Anda bisa membeli kulit risoles yang dijual di pasar. Namun alangkah lebih baik jika Anda membuat sendiri kulitnya. Kocok telur dalam wadah hingga mengembang, kemudian tambahkan garam. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur sempurna. Masukkan minyak sayur / minyak goreng/ margarin cair ke dalamnya. Uleni lagi dan kemudian tutupi bagian atas wadah dengan kain atau plastik. Biarkan adonan dengan suhu ruangan selama 30 menit. Panaskan wajan penggorengan. Beri sedikit minyak, lalu tuang adonan ke dalam penggorengan sedikit saja dan tipis. Usahakan bentuknya lingkaran. Tidak perlu memanggang dalam waktu lama atau jangan memanggang adonan hingga berwarna emas kecoklatan. Lakukan sampai adonan dalam wadah habis.

Kemudian cara membuat kulit lumpia risoles tanpa telur adalah masukkan tepung terigu, maizena dan garam diaduk, dicampur jadi satu. Tuang air sedikit demi sedikit lalu aduk sampai air habis Masukan minyak. Adonan kulit siap untuk digoreng (sebaiknya gunakan wajan teflon dengan api kecil).

Baca Juga :  Resep Sayur Asem, Sayur Rumahan Ala Betawi