Bumbu Masak Ayam: Bumbu Kari Ayam

bumbu kari ayam

Makanan di Indonesia memang ada begitu beragam, yang dimanamasing-masingnya memiliki cita rasa yang khas, misalnya saja seperti kari ayam,masakan ini dapat dibuat dengan berbagai jenis yang dimana memiliki kuah atau bumbuyang dibuat dengan menggunakan rempah yang tajam serta memiliki rasa sedikitpedas. Sebenarnya, kari sendiri bukan berasal dari Indonesia, namun dari India.Setelah menyebar ke berbagai negara, Indonesia menciptakan sendiri cita rasakari yang baru yang memiliki rasa sesuai dengan selera masyarakatnya. Membuatkari ayam sebenarnya tidaklah sulit, Anda pun dapat membuat masakan ini sendiridi rumah dengan mempersiapkan segala bahan yang diperlukan untuk memasakserta bumbu kari ayam yang akan digunakan.Perlu di ketahui, masing-masing dari kari yang ada di seluruh dunia sebenarnyahampir sama, namun bumbu yang digunakan berbeda-beda.

Sebelum mengulas jenis-jenis kari ayam, Anda harus mengetahui manfaat yang diberikan dari makanan ini, yakni:

  • Membantu pertumbuhan si kecil karena mengandung kalsium.
  • Menurunkan kolesterol dan membasmi kanker dengan senyawa niacin.
  • Mampu menaikkan masa otot karena kaya protein.
  • Mencegah terkena anemia karena memiliki zat besi yang tinggi.
  • Sistem kekebalan tubuh meningkat dengan kandungan mineral yang tinggi.
  • Terdapat senyawa flavonoid yang mampu mencegah peradangan.
  • Membantu dalam detoksifikasi.
  • Menghilangkan racun di dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi udara.
  • Vitamin B5 membantu menghilangkan stress.

Beberapa negara di Asia memiliki jenis masakan yang serupa dengan kari ayam, namun perbedaannya adalah bumbu masak ayam yang digunakan. Berikut inilah beberapa jenis kari yang ada di dunia:

  • India

Kari asal India memiliki karakteristik yang berbeda dari kari di Indonesia, dimana kuahnya memiliki tekstur yang kental serta memiliki aroma yang lebih tajam dan warnanya pun juga lebih pekat. Untuk membuatnya, mereka menggunakan kunyit, ketumbar, jahe, cabe, merica, cengkeh, kayu manis, kapulaga, bawang putih, biji jinten, pala, dan lain sebagainya. Kari ini memiliki rasa pedas yang begitu khas dan asam yang berasal dari tomat, jeruk nipis serta yoghurt. Biasanya kari India akan disantap bersama roti canai atau nasi.

  • Jepang
Baca Juga :  2 Resep Kue Kering Semprit

Jepang juga menghadirkan kari yang begitu khas, dimana menggunakan bumbu masak ayam yang berbeda dari Indonesia. Kari asal Jepang memiliki aroma yang begitu kuat, kuahnya bertekstur kental serta rasanya cenderung pedas. Kuahnya menjadi spesial karena saat pembuatannya menggunakan tepung. Biasanya, kari Jepang berisikan daging dan aneka sayuran, seperti wortel, kentang, bawang Bombay, dan lain-lain. Penyajiannya pun berbeda dengan Indonesia, dimana kari sering kali dikombinasikan dengan katsu, udon, nasi atau roti goreng.

  • Thailand

Kari dari Thailand memiliki tekstur kuah yang halus layaknya sup, menggunakan santan, daging dan juga pasta. Bumbu yang digunakan pun disesuaikan dengan keinginan Anda, dimana tingkat kepedasannya juga bisa disesuaikan. Yang paling unik adalah kari Thailand terbagi atas 3 macam, yakni Green Curry yang memiliki rasa terpedas, Red Curry yang dibuat dengan menggunakan cabai merah, dan Yellow Curry yang tentunya sangat tepat untuk dikonsumsi Anda yang tidak bisa memakan makanan pedas.

  • Indonesia

Kalau kari diIndonesia juga memiliki rasa yang cenderung pedas, namun dimasak layaknya gulaiatau rendang. Kari Indonesia dibuat dengan menggunakan berbagai macam rempah,misalnya cabai, jahe, daun salam, kunyit, lengkuas, jeruk purut, jintan,ketumbar, dan lain sebagainya. Yang menjadi ciri khas dari kari Indonesiaadalah kuahnya dicampurkan dengan santan.