Aneka Soto Babat Enak

soto babat

Memasuki musim hujan, pastinya memakan sesuatu yang hangat sertaberkuah akan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat serta memberikan kepuasantersendiri. Indonesia sendiri dikenal memiliki makanan khas yang tiada duanyadi dunia, misalnya saja soto. Ada begitu banyak jenis soto yang ada diIndonesia, namun ada satu jenisnya yang unik dan juga memiliki cukup banyakpenggemar, yakni soto babat. Makanan ini menggunakan babat atau bagian lambungdari sapi yang memiliki begitu banyak gizi dan dipadukan dengan berbagai macamrempah sehingga menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik serta lezat. Namunjika Anda ingin membuat jenis soto ini di rumah, maka ada begitu banyak halyang harus diperhatikan dalam pembuatannya. Hal ini harus sekali diperhatikanagar nantinya babat memiliki tekstur yang empuk dan juga kenyal sehinggarasanya pun akan terasa lebih lezat. Untuk itu,jangan lupa menerapkan hal penting ini:

  • Memilih

Hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah membeli bagian dari tubuh sapi ini secara langsung sehingga Anda pun dapat memilih bagian babat yang memang kualitasnya masih baik. untuk mengurangi munculnya bau amis, maka lebih baik pilih babat yang masih terasa segar. Jangan sungkan untuk mengecek kondisi dari bagian tersebut ketika akan membelinya. Pastikan jika bagian tersebut terasa kenyal bila ditekan serta tidak mengeluarkan bau yang amis. Namun jika tidak berbau sama sekali, maka Anda harus curiga karena bisa saja babat sudah dicampur dengan bahan kimia.

  • Mencuci dengan Benar

Karena babat merupakan bagian organ di dalam tubuh sapi, maka akan sangat penting untuk Anda mencuci bagian tersebut hingga benar-benar bersih. Jika tidak, maka babat pun akan mengeluarkan bau amis yang pastinya mengurangi selera makan Anda. Pastikan ketika dicuci, bagian kotoran serta lendirnya pun hilang. Lakukan pencucian berkali-kali sembari di gosok dengan perlahan. Hal inilah yang membuat pembuatan soto ini istimewa, tidak seperti aneka soto lainnya yang dapat dibuat dengan cara yang cukup sederhana dan mudah.

  • Rebus Dahulu
Baca Juga :  2 Resep Kue Kering Semprit

Sebelum Anda menjadikannya bahan untuk soto, maka akan lebih dianjurkan jika Anda merebusnya terlebih dahulu untuk membuat teksturnya lebih empuk serta mengurangi aroma khas dari bagian tersebut. Untuk menghasilkan hasil yang paling maksimal, maka akan lebih baik jika mengukusnya di dalam panci presto dengan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Rebuslah hingga daging tersebut terasa empuk namun tetap kenyal. Jangan lupa untuk memasukan rempah-rempah pendukungnya, yakni seperti daun salam serta jahe untuk menghilangkan baunya.

  • Cara Memotong

Untuk memasak soto, biasanya babat akan dipotong hingga berukuran kecil. Namun, memotongnya pun tidak boleh sembarangan karena nantinya akan membuat teksturnya berubah dan mengubah rasanya juga. Anda harus memotongnya dengan teknik khusus, yakni dengan melawan arah dari seratnya. Jika memotong searah serat, maka babat pun pastinya akan terasa alot atau kerasa sehingga mengurangi kenikmatannya dan membuatnya tidak selezat aneka soto lainnya. Jangan lupa memperhatikan hal penting yang satu ini.

  • Bumbu Tajam

Saat akan membuatnyamenjadi soto, maka agar baunya tidak menusuk adalah dengan memberikan bumbuatau pun rempah yang memiliki rasa serta bau yang tajam. Hal ini pastinya akanmembuat masakan terasa lebih lezat dan menggugah selera.